Pemda Boltim Diminta Profesional Menindak Galian C di Duga Ilegal, Jangan Pilih Kasih

  • Whatsapp

SKYBMR, BOLTIM-Dengan adanya penutupan lokasi galian C yang ada di Desa Bangunan wuwuk menjadi perbincangan masyarakat Kabupaten Bolaang Mongondow Timur(Boltim). Pasalnya,Tim Terpadu Pemerintah Boltim tidak menutup galian C yang sampai hari ini masi beroprasi dengan lancar.

Demikian disampaikan Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Swara Bogani, Ravik Mokodongan, saat bersua dengan media ini pada (15/02/2021). Kata dia, Tim Pemda Boltim harus profesional menindaklanjuti galian c yang beroperasi. “Dari sekian Lokasi Galian C, hanya satu yang ditutup. Harusnya Pemda tidak pilih kasih, karena di wilayah Modayag Bersatu ada banyak Galian C Ilegal,” kata Ravik.

Dia menjelaskan Lokasi Galian C berpotensi merusak lingkungan apalagi tidak mengantongi izin.
Dia meminta tim terpadu turun memeriksa lokasi galian c ilegal di wilayah Modayag untuk di tindaki. “Termasuk lokasi yang sudah ditutup. Pemda harus tindaklanjuti pelakunya. Jangan dibiarkan begitu saja usai ditutup. Karena dampaknya sangat besar baik terhadap lingkungan maupun masyarakat,” urai Ketua LSM ini.

Sementara itu kepala desa Liberia Timur, Sudarno Mislan, saat ditemui media ini mengaku jika galian C diwilayahnya cukup banyak. “Ada puluhan Lokasi Galian C di sini. Banyak yang menggunakan alat berat. Datanya sudah kami kirim ke kabupaten,” kata Sangadi.

Sudarno mengaku selama galian c beraktivitas, tak ada kontribusi masuk ke desa. “Tidak ada pungutan di galian C, karena kami tahu lokasi ini tak kantongi izin,” singkatnya.

Terpisah kepala DPMPTSP Boltim, salah satu tim Terpadu Saprudin Mokoagow S.Pd MM mengatakan penutupan lokasi galian C di wilayah Bangunan Wuwuk, berdasarkan laporan masyarakat. “Penutupan lokasi berdasarkan laporan masyarakat,” katanya.
Sementara itu kepala DLH Boltim Sukri Tawil, yang juga tim terpadu Pemda Boltim mengaku jika terdapat laporan maka akan di tindak Pemda Boltim. “Jika ada laporan masyarakat, maka kami akan teruskan ke Sekda Boltim, kemudian melakukan pemeriksaan terkait laporan tersebut. Jika benar maka akan dilakukan penutupan sementara,” ujarnya
Pantauan media ini, aktivitas galian C di wilayah Liberia Timur, menggunakan alat berat jenis excavator.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *